Tuesday, February 2, 2010

Susunan Acara Akad Nikah & Resepsi

Catatan: Untuk Buku Panduan Acara Pernikahan yang lebih lengkap, silahkan dibuka di link ini:
Buku Panduan Acara Akad Nikah & Resepsi - by MC Wady


Ada baiknya calon penganten maupun keluarga dan panitia memahami susunan acara akad nikah maupun resepsi dari jauh-jauh hari, supaya segala hal yang berhubungan dengan acara tersebut dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

AKAD NIKAH

Pelaksanaan akad nikah dan juga ijab qabul umumnya berlangsung sekitar tiga jam sebelum resepsi. Adapun susunan acara akad biasanya berlangsung sebagai berikut;
  • Acara dimulai dengan penyambutan calon mempelai pria dan rombongan keluarga besarnya. Ketika rombongan tiba, hadirin yang menyambut diharapkan untuk berdiri dan baru duduk kembali ketika rombongan mempelai pria telah dipersilahkan duduk.
  • Ketika rombongan calon mempelai pria telah sampai di tempat pelaksanaan akad nikah, terlebih dahulu dilakukan prosesi seserahan, yaitu penyerahan calon mempelai pria kepada pihak keluarga calon mempelai wanita untuk dinikahkan, sekaligus penyerahan oleh-oleh untuk calon mempelai wanita. Acaranya:
    • Kata sambutan dari wakil pihak pria, yang intinya menyatakan kembali maksud dan tujuan kedatangan serta rencana hari ini, dan dengan resmi menyerahkan calon mempelai pria untuk dinikahkan. Sebaiknya yang akan bertugas sebagi wakil pihak CPP ini dipersiapkan dari jauh-jauh hari.
    • Kata sambutan dari wakil pihak wanita, yang intinya menyampaikan ucapan selamat datang, dan juga menyatakan dengan resmi bahwa mempelai pria telah diterima untuk dinikahkan.
  • Penyerahan secara simbolis, barang-barang bawaan rombongan mempelai pria
  • Orang tua CPW kemudian maju ke depan, dan ibunda CPW mengalungkan untaian bunga melati kepada CPP sebagai simbol penerimaan dan kemudian mengapit CPP menuju meja akad.
  • Kedua calon penganten duduk di depan meja akad nikah, di depan pak penghulu (ada juga yang CPW baru dihadirkan belakangan, sesudah pembacaan ijab dan qabul selesai dilaksanakan).
  • Prosesi akad nikah dimulai dengan pembacaan
    • Ayat suci Al Qur'an, oleh .....
    • Sari tilawah oleh....
  • MC memberikan corong, eh mikrofon :) kepada pak penghulu untuk kemudian beliau mengambil alih dan memulai bagian terpenting dari acara sakral ini. Pak penghulu akan melakukan:
    • Pemeriksaan semua data-data dan nama-nama
    • Khotbah nikah
    • Meminta mempelai wanita mohon izin kepada ayahnya untuk dinikahkan
    • Memulai ijab kabul, dan memandu wali nikah. "Saya nikahkan anak kandung saya... dst."
    • Penandatanganan buku nikah
    • Pemasangan cincin kawin dan penyerahan mas kawin
    • Pembacaan Sighat Ta'liq oleh mempelai pria 
  • Setelah ini biasanya pak penghulu langsung mohon diri, karena sudah ditunggu calon penganten lain bo... Mohon ada salah seorang panitia yang mendampingi pak penghulu meninggalkan tempat; sekaligus ngasih amplop buat tips untuk beliau :)
  • Acara dilanjutkan kembali dengan penyampaian nasehat (tausyiah) perkawinan. Oleh....
  • Do'a bersama, dipimpin oleh....
  • Sungkeman. Saat ini bisa jadi merupakan saat paling mengharukan, jika MC bisa membawakan suasana dengan baik. Kedua mempelai cium tangan dan sungkeman kepada orang tua masing-masing, mohon do'a restu dan juga minta maaf atas segala kesalahan selama ini. Penulis sendiri selaku MC memang sering terhanyut pula dan kadang ikut meneteskan air mata (beneran lho, bukan air mata buaya). Bayangkan orang tua yang selama ini membesarkan kita, sekarang harus melepas kita berumah tangga.. Sebuah hidup baru yang sama sekali belum kita kenal dan penuh dengan berbagai rintangan. Inilah saat terberat bagi orang tua, saat harus melepas anaknya memulai kehidupan mereka sendiri.
  • Seusai sungkeman, kedua mempelai dan orang tua berdiri untuk difoto.
  • Foto-foto dilanjutkan dengan saudara kandung mempelai dan keluarga inti.
  • Hadirin diperbolehkan memberi ucapan selamat kepada penganten, dan MC mempersilahkan semua hadirin untuk menikmati hidangan sarapan pagi.
  • Acara selesai dan dilanjutkan dengan persiapan resepsi. Penganten masuk ruang rias kembali untuk berganti busana.
Penyerahan mempelai pria untuk dikorbankan - eh mahap, dinikahkan

"Saya nikahkan dan kawinkan anak kandung saya yang bernama ... binti... dengan engkau, dengan mas kawinnya... dst."

Saya terima kawinnya... eh, nikahnya juga, anak bapak yang saya cintai dengan mas kawinnya yang tersebut, tunnaaii!" Tentu saja pak penghulu akan menyuruh diulang kembali kalau kata-kata diatas yang Anda ucapkan.

"Alhamdulillah, lega..." Begitu mungkin kata bapak PW setelah selesai ijab-kabul.

Penanda tanganan buku nikah. Does he know what he is signing for? Welcome to the club!
Klub nya orang-orang yang udah kenyang makan asam garam berumah tangga, he he...

Pembacaan sighat taklik oleh penganten pria. Intinya jika Anda mengabaikan istri anda atau melakukan KDRT dan dia tidak rela serta melaporkannya serta membayar Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) maka jatuhlah talak satu padanya.


ACARA RESEPSI

Satu jam sebelum resepsi, sebaiknya semua orang sudah siap di lokasi dan panitia telah standby sesuai tugas masing-masing. Adapun susunan acara sebelum resepsi adalah sbb.
  • 30 menit sebelum penyambutan penganten hiburan sudah dimulai (organ tunggal, musik tradisional atau band)
  • Penyambutan kedua mempelai dan rombongan
  • Kedua mempelai duduk bersanding di pelaminan didampingi orang tua
  • Tari-tarian (kalau ada)
  • Kata sambutan, disampaikan oleh:......
  • Do'a bersama, dipimpin oleh"... (boleh juga dirangkap oleh orang yang sama)
  • Hadirin dipersilahkan memberikan ucapan selamat bagi kedua mempelai (tamu VIP didahulukan)
  • Hadirin dipersilahkan menikmati hidangan (nah saat ini kesempatan untuk MC membacakan nama katering dan wedding organizer)
  • Hiburan musik on, organ tunggal maupun band
  • Foto bersama. Urutan foto bersama harus disusun oleh panitia jauh-jauh hari.
  • Penutupan oleh MC
  • Kedua mempelai 'turun tahta' dan makan bersama di buffe khusus keluarga
Demikianlah urutan susunan acara yang umumnya berlaku. Nama-nama orang yang akan terlibat dalam acara sebaiknya ditunjuk jauh sebelum acara. Jangan sampai ketika detik-detik acara akan dimulai, masih ada pertanyaan "Siapa yang akan memberikan sambutan ya?"

Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam,
MC Wady Sutan Pamenan
HP: O8 I I - I I 6 - 8 I I
Email: mcwady [at] yahoo.com

KOLEKSI FOTO

Pemasangan pelaminan yang sudah pada tahap akhir

Karpet merah sudah membentang ketika tamu-tamu belum pada datang


Pelaminan ready, menunggu kedua mempelai bersanding berdua di atas singgasana

Pemusik talempong (instrumen tradisional Minangkabau) mulai memainkan musik yang bisa membuat kita terkenang akan kampung halaman nan jauah di mato.

Pemain tambua dan penari dalam persembahan Tari Piring (klasik). Suaranya sangat membahana mengiringi tarian yang penuh semangat. Butuh waktu bertahun-tahun bagi seorang penari untuk bisa menguasai tarian ini.


Pendekar Minang beraksi, yang merupakan intro dari Tari Piring Klasik

Kedua penganten sudah bertahta di pelaminan, didampingi orang tua

Dua wanita cantik keluarga mempelai menyumbangkan sebuah lagu dan seorang lainnya berjoget dengan senangnya :)

Saatnya ibu-ibu juga ikut bergoyang bersama 

Foto bersama penganten dan rekan-rekan kantor

Akhirnya... setelah semua acara selesai dan kedua 'raja dan ratu sehari' turun tahta, tibalah saatnya singgasana dibongkar kembali. Yah... :(

***

27 comments:

  1. mantab share an nya....

    thx berat om sharing nya...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk rekan-rekan yang telah memberikan komentar. Saya senang sekali kalau tulisan ini bisa bermanfaat bagi orang lain.

    Salam, McW

    ReplyDelete
  3. Wah... Pas banget
    TFS

    Kebetulan besok minggu pertama kalinya aku ngemsi buat Akad ^^
    Dan pihak mempelai minta konsep & susunan acara dari aku

    ReplyDelete
  4. @ Bang Said: semoga sukses ngemsi-nya ya Bang! Jangan lupa traktir kalau udah terima honor :-)

    ReplyDelete
  5. ahhaahaha.... jadi deg-deg-gan niihhh!!!!
    trims Om, buat infonya!!!!
    jadi tau nanti kira2 kayak gmna!!!!
    aahhhh.... raja dan ratu sehari! oohhh.. indahnya!!!
    tapi tetep lebih indah... setelahnya..!!! ahahahha
    salam!

    ReplyDelete
  6. Good luck, ya bung Munggaran!
    Wah, belum jadi raja dan ratu sehari aja udah mikirin gimana ntar kalo udah 'turun tahta'.. He he...

    ReplyDelete
  7. Makasih banget !! aq gak bingunk lagi cari susunan acara buat acara nihak nanti.....good luck 4 u.....

    ReplyDelete
  8. Sama-sama Vy Santi. Mudah2an acara nikahnya sukses ya...

    Salam,
    mcw

    ReplyDelete
  9. terima kasih dpt ilmu sy

    ReplyDelete
  10. Makasih pencerahannya Om, sangat membantu sekali..
    Kalo boleh tanya, klo ada Upacara Adat dilaksanakan di saat mana ya?

    regards,
    ABN

    ReplyDelete
  11. infonya bermanfaat bgt.
    Thx berat! :D

    ReplyDelete
  12. makasih sob.. besok saya mau ijin peke yah

    ReplyDelete
  13. dapet info dari temen kalau foto-foto nikahan aku ada di mcwady.com
    xixixiii, seneng banget liat dan bacanya..

    thanx a lot buat mcwady yang sudah menjadi mc di acara pernikahan ku :)

    ReplyDelete
  14. Sama-sama, Bunda Rean Shop. Salam buat keluarga ya... Mudah-mudahan rumah tangganya tetap sakinah, mawaddah, warrahmah. Amin...

    ReplyDelete
  15. aduh...thx bgt ya buat info nya,berguna bgt..secara q besok di kasih kepercayaan buat jadi MC di acara nikahan sahabat q,sudah beberapa x jadi MC,bisa di bilang cukup sering,tapi Baru x ini Jadi MC D pernikahan,apalagi ini penting bgt...secara yang nikah nya sahabat aku....sekali lagi thx bgt ya ....GBU :-)

    ReplyDelete
  16. Good luck ya Rietha, mudah2an job MC-nya semakin cemerlang.

    ReplyDelete
  17. thanks gan....
    ini sangat bermanfaat buad ak...buad acara nikahanku 1 juli nanti... doanya yak

    ReplyDelete
  18. Sama-sama... Semoga acaranya sukses dan selamat menempuh hidup baru :)
    MC Wady

    ReplyDelete
  19. HORE,,Adat minang yah ^_^ Jd ingat masa indah jd ratu di pelaminan itu.

    ReplyDelete
  20. Thank you untuk sharing pengetahuan dan pengalamannya, sangat membantu dan bermanfaat sekali, semoga menjadi MC yg semakin hebat dan sukses. amin

    ReplyDelete
  21. mhn info utk teks mc berbahasa minang..
    i also need ur help for mc in english..
    is it possible to have those info from u?
    regards,
    asokaneira@yahoo.com

    ReplyDelete
  22. You can send me some email to mcwady at Yahoo.com :)

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Google+